AKTIVITAS BERMAIN DAN ANEKA RAGAM PERMAINAN UNTUK ANAK TK

Standard

oleh : NN

Aktifitas Bermain

  1. Asas-asas perkembangan anak

         Asas perkembangan anak itu antara lain :

  1. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor keturunan (herodity) dan faktor lingkungan
  2. Perkembangan adalah suatu proses yang teratur dan kontinu dan berkelanjutan
  3. Tempo perkembangan tidak merata
  4. Setiap anak mempunyai tempo perkembangan sendiri
  5. Proses perkembangan seorang anak terdiri dari beberapa tahap

 

  1. Alat permainan dan bermain di TK
  2. Fungsi alat permainan/mainan

alat permainan dan bermain (toys) yang dipersiapkan di tk hendaknya berfungsi mendidik, memberi pemahaman dan melatih keterampilan serta pembiasaan

  1. Peryaratan alat permainan
    1. Setiap alat permainan hendaknya menonjolkan fungsi yang sesuai dengan usia dan taraf perkembangan anak
    2. Ukuran dan bentuknya sesuai dengan usia anak
    3. Aman dan tidak berbahaya bagi anak
    4. Menarik baik warna maupun bentuknya
    5. Awet, tidak mudah rusak dan mudah pemeliharaannya
    6. Murah dan mudah diperoleh
    7. Jumlahnya hendaknya mencukupi kebutuhan anak
    8. Kualitas harus diperhatikan, jangan sampai ada bagian-bagian tajam
    9. Alat permainan harus dapat mendorong anak untuk melakukan penemuan-penemuan baru dan melakukan berbagai eksperimen
  2. Alat permainan/manipulatik

Permainan manipulatik merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan gerakan dasar yang harus dikembangkan pada taman kanak-kanak

Alat-alat permainan manipulatik memberi kesempatan kepada anak-anak untuk :

  1. Menyesuaikan bentuk dan warna
  2. Mengkombinasikan bentuk
  3. Mengkombinasikan warna
  4. Melihat hubungan antara bentuk, ukuran, dan warna
  5. Membuka dan menutup, memsang, menyusun kembali
  6. Meronce
  7. Menyusun set mainan
  8. Tugas guru dalam pengaadaan alat-alat bermain

Memilih, mempersiapkan, mengatur alat-alat bermain yang dibutuhkan, membimbing, menguasai, menjawab pertanyaan anak dan observasi merupakan bagian dari tugas guru.

 MERENCANAKAN PENGATURAN LINGKUNGAN BERMAIN DITAMAN KANAK-KANAK

Merencanakan dan mengatur lingkungan bermain didalam dan diluar kelas penting dipahami guru tk seperti prinsip-prinsip pengaturan lingkungan dan aspek-aspek lain yang perlu dipertimbangkan.

Pengaturan lingkungan sebaiknya didasarkan pada prinsip-prinsip berikut :

  • Disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak yaitu : perkembangan fisik motorik, kognitif,sosial emosional dan bahasa
  • Dapat menstimulasi perkembangan anak dengan cara memberi kesempatan sebanyak-banyaknya kepada anak untuk eksplorasi, komunikasi aktif, interaksi sosial dan koordinasi gerakan-gerakan motorik
  • Tercipta rasa aman secara jasmani dan rohani

 MEMPERKAYA PERMAINAN DILUAR

Dengan menggunakan otot-otot kecil maupun otot-otot besar anak memperoleh penguasaan atas tubuh mereka ketika bermain dihalaman tk, halaman tempat bermain anak merupakan ruang terbuka yang memberikan banyak kesempatan pada anak melatih keseimbangan dan koordinasi anggota tubuhnya.

 LINGKUNGAN BERMAIN DIDALAM RUANGAN

Aspek-aspek sosial adari lingkungan bermain merupakan komponen penting dalam merencanakan pengaturan lingkungan di daalam ruang ditaman anak-anak, lingkungan didlam harus menyenangkan dan memberi rasa aman pada anak-anak oleh karena itu, pengaturan lingkungan didalam di tata sedemikian rupa sehingga membangkitkan minat dan rasa ingin tahu anak serta membuat anak merasa nyaman dan tenang.

 AKTIFITAS BERMAIN BALOK, PASIR DAN AIR

Aktifitas bermain balok, bermain pasir dan air merupakan aktifitas bermain yang digemari anak-anak dan banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan anak secara totalitas

 BERMAIN BALOK

Saat bermain baalok anak-anak mengeluarkan dan menggunakan imajinasi serta keinginannya untuk menemukan agar dapat bermain dengan kreatif

 BELAJAR MELALUI BERMAIN BALOK

Balok dianggap sebagai alat bermain yang paling bermanfaat dan yang paling banyak digunakan di tk maupun lembaga pendidikan prasekolah nilai dari membangun dengan balok meliputi 4 aspek pengenbangan yaitu :

  1. Fisik motorik
  2. Perkembangan kognitif
  3. Perkembangan sosial
  4. Perkembangan emosional

 PERAN DAN TANGGUNG JAWAB GURU DALAM PERMAINAN BALOK

Berikut beberapa petunjuk yang dapat membantu guru mengoptimalkan pembelajaaran dalam permainan balok.

  1. Letakkan balok dalam rak terbuka dan dapat dijangkau anak-anak sehingga dapat dikeluarkan dan dimasukkan kembali dengan mudah
  2. Sediakan jumlah unit balok yang cukup sesuai dengan jumlah anak yang menggunakannya
  3. Sediakan waktu yang cukup untuk bermain
  4. Usahakan untuk bermain balok dilantai yang rata dengan alas karpret agar balok tidak rusak atau menimbulkan suara yang keras dan mengganggu
  5. Guru dapat memberikan stimulasi yang menantang anak untuk mencipta dengan balok-balok diantaranya dengan menyediakan alat-alat dan perlengkapan yang cukup dan menarik minat anak dan jelas dalam memberikan instruksi.

 BERMAIN AIR DAN PASIR

    1. Tahapan Bermain Pasir dan Air

Terdapat 3 tahap perkembangan bermain pasir dan air

  1. Tahap pertama

Pada tahap ini anak mengenal sifat-sifat pasir dan air, mereka menemukan bunyi titik-titik air hujan pada atap rumah dan bunyi pacaran air

  1. Tahap kedua

Anak-anak mempergunakan pengalaman dan belajar mereka untuk suatu tujuan

  1. Tahap ketiga

Anak-anak menyempurnakan hasil dari tahap-tahap sebelumnya.

 

  1. Tujuan dan manfaat kegiatan bermain pasir dan air

Permainan air dan pasir sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik, kognitif, sosial aadan emosional anak.

  1. Eksperimen dengan pasir
    1. Membandingkan kapasitas pasur dan wadah
    2. Membandingkan berat
    3. Dengn sendok semen anak-anak menyendok sebanyak-banyaknya pasir kering kedalam ember-ember kecil mengangkutnya kesuatu tempat dan menuangkannya ke atas kertas koran untuk membuat gunung.
    4. Eksperimen dengan air
      1. Tenggelam dan mengapung
      2. Alat yang permanen seperti : clemek plastik, dan handuk, selang, bak pasir dan pel lantai dll
      3. Bahan yang harus dibeli
      4. Alat yang dibuat sendiri

ANEKA RAGAM PERMAINAN ANAK

  1. BERMAIN TERPIMPIN

Aktifitas permainan terpimpin yang dapat membantu guru menciptakan permainan antara lain :

  1. Permainan dalam lingkaran
  2. Permainan dengan alat
  3. Permainan dengan angka
  4. Permainan dengan nyanyian
  5. Permainan bentuk lomba
  6. Permainan mengasah panca indera

 

  1. Permainan dalam lingkaran
  2. Mencari teman
  3. Permainan hadap, balik, bubar
  4. Bola kurang, bola lebih
    1. Permainan dengan alat
    2. Mana sepatuku
    3. Menncari sambungan
    4. Bi…bo…creng
    5. Membuat bentuk-bentuk baru
      1. Permainan tanpa alat
      2. Permainan menjala ikan
      3. Kata polis ?
      4. Makan buat apa ?
        1. Permainan dengan angka
        2. Dengar dan lakukan
        3. Kegiatan dengan waktu
        4. Berbaris menurut angka
        5. Bermain cocok-bobokkan
        6. Cari sejumlah benda
          1. Permainan dengan nyanyian
          2. Bermain sepatu

 

  1. Permainan bentuk lomba
  2. Lomba lari menjepit bola
  3. Bola dan papan
  4. Angin puyuh
    1. Permainan panca indera
    2. Latihan mendengar dengan indera pendengaran

–       Bunyi musik

–       Benda jatuh

  1. Latihan indera peraaba

–       Kasar-halus-lembut

–       Meraba dengan kaki

  1. Latihan iindera penglihatan

–       Alatnya yaitu : papan dan benda-benda yang dapat digambar anak

–       Anak diperlihatkan benda-benda

–       Anak diminta menggambarkan benda yang baru dilihatnya dipapan tulis atau dikertas gambar

–       Waktu maksimal untuk menggambar sekitar 15 menit

  1. Latihan indera pengecap

–       Bahannya, yaitu gula, garam, kopi, jeruk, adam, cabe/saos,salak

–       Perkenalan macam-macam rasa dengan cara mencicipi bahan-bahan yang disediakan

–       Tutup mata anak lalu minta anak mencicipi bahan-bahan tersebut datu persatu dan menyebutkan namanya atau rasanya

 

 bersambung………………………………………………

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s