CONTOH RPP AKUNTANSI TERBARU

Standard

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Nama Sekolah                   : SMK MUHAMMADIYAH 01

Mata Pelajaran                   : AKUTANSI

Kelas/Semester                  : X ( sepuluh) /1

Alokasi waktu                   : 1x pertemuan

 

 

 

  1. 1.   Kompetensi                : Memahami Penyesuaian Akun Rekening .

II.  Kompetensi Dasar            : Mendeskripsikan Jurnal Pnyesuaian

III. Indikator                     :     

  1. Menjelaskan kebutuhgan terhadap penyesuaian
  2. Menjelaskan jenis-jenis penyesuaian
  3. Menjelaskan contoh jurnal penyesuaian

 

 

 

 

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran Siswa dapat :

  1. Menjelaskan kebutuhan terhadap penyesuaian
  2. Mennjelaskankan  jenis-jenis pnyesuaian
  3. Menjelaskan contoh jurnal penyesuaian yang ada di perusahaan dan penyesuaian neraca saldo setelah penyesuaian
  4. Melakukan koreksi atas kesalahan pencatatan

 

 

  1. V.  MATERI PEMBELAJARAN
    1. Kebutuhan penyesuaian
    2. Jenis-jenis penyesuaian
    3. Jurnal penyesuaian
    4. Koreksi dan ayat jurnal

 

VI. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

1. Metode Pembelajaran

 

               a . Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (Stad )

 

  1. 2.    Metode Pembelajaran

 

a. Diskusi

  1. Tanya Jawab
  2. Ceramah
  3. Tugas

 

  1. VII.           LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Tahap

Aktivitas Kegiatan

Waktu

Awal

Apresiasi        

 

Memjawab pertanyaan guru yang terkait dengan penyesuaian neraca

  • Pernakah kamu mengetahwi tentang neraca ?
  • Jelas kan sewa di bayar dimuka ?

Materi

 

Menjelaskan pengertian neraca, tentang saldo pembayaran.

 

 

10 menit

 

 

 

 

Inti

 

 

 

 

 

Tahap 1 : penyajian kelas

 

  • Peserta didik menyimak penyajian yang disampaikan oleh guru mengenai pengertian neraca saldo.
  • Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai penyesuaian neraca saldo.
  • Peserta didik di minta untuk dapat bertanya jawab diberikan oleh guru dalam penyajian metode pembelajaran akutansi.

 

          

 

 

20 menit

Tahap 2 : kegiatan belajar kelompok

 

  • Peserta didik melakukan kegiatan belajar kelompok yang di berikan oleh guru dengan harapan setiap anggota kelompok termotivasi untuk memulai pembicaraan dalam diskusi.
  • Peserta didik mengerjakan lembar kegiatan /lembar tugas yang diberikan oleh guru.

 

 

 

 

 

15 menit

Tahap 3: pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok

 

  • Peserta didik mempersentasekan hasil kegiatan kelompok di depan kelas.
  • Peserta didik memperaktekkan hasik kegiatan kelompok sesuai dengan tugas yang di berikan oleh guru.

 

Tahap 4. : siswa mengerjakan soal-soal tes secara individu

 

  • Peserta didik menjawab soal tes yang diberikan oleh guru sesuai dengan kemampuannya dalam kegiatan kelompok, dan tidak di perkenan kan bekerja sama

 

 

15 menit

Tahap 5: pemeriksa hasil tes

 

  • Memeriksa hasil tes yang dilakukan oleh guru, dan membuat daftar skor peningkatan setiap individu.

 

 

10 menit

       

 

 

 

 

  1. VIII.        Sumber dan Media pembelajaran
    1. Modul akutansi, untuk tingkat SMK, kelas X,
    2. Instrument penilaian pelajaran akutansi
    3. Laporan kerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
    4. Buku referensi yang relevan

 

 

 

 

  1. Soal/ intrumen
    1. Tes uraian ( pertemuan 1)

a. Kewajiban

b.Piutang pendapatan

  1. Jelaskan pengertian pendapatan ?
  2. Apa yang di makasud dengan jurnal umum ?
  3. Apa yang dimaksud dengan jurnal penyesuaian ?
  4. Sebutkan jenis-jenis penyesuaian ?

           

 

         Soal Ulangan Harian

 

 

 

           

                                                                                    Pekanbaru, …. Maret 2012

                                                Mengetahwi,

 

      Kepala Skolah,                                                      Guru Kelas

 

 

 

 

      Yenimar, S.Pd                                                      Raudatul Jannah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mata Pelajaran            : Kewirausahaan

Tujuan                          : Menjelaskan Kebutuhan Terhadap Penyesuaian Mampu Membuat jurnal penyesuaian

Kopetensi :

Durasi pembelajaran   :

 

 

 

Subkopetensi

Kriteria Kerja

Ruang lingkup

Materi pokok pembelajaran

Sikap

Pengetahuan

Ketrampilan

  1. Merumuskan solusi masalah
  • Maslaah diidentifikasi dan dianalisis

 

  • Alternatif  solusi ditentukan berdasarkan hasil analisis
    • Masalah dan alternatif solusi nya
    • Cermat dan kreatif dalam mencari solusi
      • Pengertian Masalah
      • Tenik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
      • Membedakan masalah dan bukan masalah
      • Identifilasi masalah dan mencari penyebab nya
      • Menentukan dan mencari alternatif solusi
       

 

Pekanbaru 03 Maret 2012

 

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                                Guru Kelas

 

 

 

           YANIMAR. S.Pd                                                                     RAUDATUL JANNAH

 

                             

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s